Bupati Terima Penghargaan Satya Lencana Pembangunan

Sausapor – Bupati Gabriel Asem hari ini dijadwalkan akan menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan yang dianugerahi oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widod melalui kementerian dalam negeri. Orang nomor satu di kabupaten Tambrauw itu diberikan penghargaan atas prestasinya dalam  pembangunan di wilayah yang terkenal dengan tempat bertelurnya penyu belimbing.

Pada lampiran surat keputusan Presiden RI nomor 59/TK/Tahun 2017, Gabriel mendapatkan penghargaan jasa atas keberhasilannya membangun kabupaten Tambrauw yang tersebar di 29 distrik. Pembangunan itu sendiri meliputi Infrastruktur jalan, jembatan dan dermaga hingga bandara. Tidak ketinggalan pula Gabriel diakui berhasil dalam menyediakan prasarana telekomunikasi sampai ke fasilitas listrik melalui PLTMH dan PLTS.

Pada pelayanan masyarakat Gabriel Asem juga dianggap berhasil di bidang kesehatan dengan menyediakan pusling, pustu sampai puskesmas rawat inap. Adapula pembangunan rumah layak huni yang juga menjadi salah satu hal hingga dirinya mendapatkan penghargaan. Program sekolah gratis dan beasiswa bagi mahasiswa asli Tambrauw di 10 perguruan tinggi juga disebut sebagai prestasi Gabriel selama memimpin kabupaten pemekaran itu. Selain itu jaminan kesehatan dan peningkatan ketahanan pangan merupakan faktor penilaian terhadap dirinya. Sehingga Bupati Gabriel disebut berhasil dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dikabupaten Tambrauw.

Saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya pada Rabu (16/8) kemarin, bupati Gabriel terdengar sangat senang atas penghargaan yang diberikan kepadanya. “Ini merupakan bukti bahwa kami dapat membangun kabupaten Tambrauw secara maksimal walaupun dengan banyak keterbatasan,” ungkap Gabriel. Dirinya bahkan menambahkan sekalipun hanya sedikit anggaran yang tersedia, bukan menjadi alasan untuk membatasi pembangunan di kabupaten Tambrauw.

Gabriel juga mengungkapkan bahwa kali ini dirinya merupakan satu-satunya bupati dari seluruh Papua Barat yang diberikan penghargaan dari kemendagri. Apresiasi kepadanya juga disampaikan oleh pihak kemendagri yang menyebutkan dengan dana yang terbatas, namun pembangunan di segi infratruktur dapat terlaksana. Meskipun pembangunan di kabupaten Tambrauw masih jauh dari yang diharapkan namun keinginan besar untuk terus melakukan pembangunan akan lebih ditingkatkan kedepannya.

Sesuai dengan agenda yang telab direncanakan, Bupati Gabriel akan diberikan penghargaan secara simbolis oleh Menteri dalam negeri di gedung kemendagri tepat setelah upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72. (mdl)

Berita Pilihan Dari Penulis

Beri Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.