Mesak Yekwam: Kami Akan Perketat Pengawasan Dana Kampung

Sausapor – Wakil bupati Tambrauw, Mesak Metusala Yekwam menegaskan akan melakukan pengawasan serius terhadap penggunaan dana kampung. Dirinya bahkan berencana untuk turun ke kampung-kampung bersama inspektorat kabupaten Tambrauw untuk memantau langasung penggunaan dana kampung tersebut.

Menurut Mesak pemerintah daerah juga wajib untuk melakukan pengawalan pada penggunaan dana kampung. “Saya khawatir kalau penggunaan dana kampung ini disalahgunakan maka pemerintah daerah juga yang kena imbasnya,” ujar Mesak. Dirinya menambah bahwa pengawasan tersebut tidak hanya dilaksanakan oleh pemda setempat, namun juga pemerintah pusat akan begitu ketat dalam proses pemantauan anggaran dana kampung itu. Oleh karena itu dirinya berharap agar para kepala kampung dapat menggunakan anggaran tersebut sebaik mungkin.

Tidak hanya sekedar pengawasan penggunaan anggaran, Mesak juga menambahkan akan tetap melakukan pengawasan pada saat pencairan anggaran. “Saat pencairan anggaran kami juga akan minta kepala kampung harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari inspektorat,” tambah wakil bupati Tambrauw. Rekomendasi itu dikatakan olehnya akan menjadi suatu syarat sehingga pencairan anggaran dana kampung tidak sembarangan. Selain itu proses itu tersebut akan menjaga nama baik kepala kampung dan masyarakat yang akan menikmati pembangunan hasil dari dana kampung itu sendiri.

Seperti yang diketahui bahwa dana kampung atau juga disebut dana desa merupakan salah satu program besutan kementerian desa. Dana tersebut akan dikelola oleh masing-masing kepala kampug untuk membantu proses pembangunan di wilayahnya masing-masing. (mdl)

Berita Pilihan Dari Penulis

Beri Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.