Visi dan Misi Pembangunan Jangka Panjang

VISI

Visi merupakan refleksi dari semua harapan dan keinginan bersama dari seluruh pemangku kepentingan di daerah. Dengan adanya visi, maka semua kemampuan dan potensi yang dimiliki akan dioptimalkan dalam upaya pencapaian tujuan. Bahkan lebih dari itu, sebagai konsekuensinya semua aktivitas dan pelaksanaan pembangunan yang diselenggarakan dalam masa 20 tahun ini, baik oleh pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat harus disinergikan untuk pencapaian visi daerah Kabupaten Tambrauw. Perumusan visi daerah merupakan kristalisasi dari keinginan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan daerah dan sekaligus menjadi amanat yang harus direalisasikan oleh pemerintah melalui sejumlah kebijakan, program dan kegiatan daerah. Visi daerah selain memberikan arah dan fokus strategi yang jelas, juga mampu menjadi perekat seluruh komponen pembangunan, sehingga memiliki orientasi pada masa depan, mampu menumbuhkan komitmen dan mampu menjamin kesinambungan kepemimpinan daerah.

Berdasarkan kondisi yang ada, maka visi dan misi penyelenggaraan pembangunan Kabupaten Tambrauw dalam kurun waktu 20 tahun ini diarahkan pada upaya peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat. Masyarakat sejahtera dapat dicapai melalui peningkatan pertumbuhan dan pemerataan perekonomian daerah. Masyarakat yang sejahtera tersebut hendaknya memiliki karakteristik kepribadian yang tinggi, yaitu : memiliki sikap mental dan moral yang didukung oleh nilai-nilai keagamaan yang kuat, yang  tercermin dalam perilaku hidup sehari-hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, lembaga pemerintahan, maupun dalam pergaulan di masyarakat, serta memiliki pola pikir, sikap dan perilaku yang maju dan mandiri. Kesejahteraan masyarakat yang diidamkan hanya akan tercapai apabila tercipta rasa aman bagi semua lapisan masyarakat. Dan pada akhirnya, masyarakat yang sejahtera mampu menciptakan suasana kehidupan yang adil dan demokratis, baik dalam kehidupan bernegara maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Atas dasar kondisi ideal yang diinginkan dalam kurun waktu 20 tahun ini sebagaimana yang telah diuraikan di atas, maka visi pembangunan Kabupaten Tambrauw tahun 2005-2025 adalah :

Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tambrauw Yang Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat

Sebagai cermin dari idealisasi harapan terhadap Kabupaten Tambrauw di masa mendatang, pada hakekatnya visi pembangunan daerah tahun 2005 – 2025 mengandung substansi :

Sejahtera, berarti suatu masyarakat yang memiliki tingkat kehidupan yang layak dengan tingkat pendapatan yang tinggi, berpendidikan, sehat dan kuat dalam konteks pembangunan manusia.

Mandiri berarti suatu komunitas dan masyarakat yang secara bersama-sama mampu mengelola dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki secara berkelanjutan untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Tambrauw.

Bermartabat Berarti suatu komunitas dan masyarakat yang memiliki nilai-nilai hidup produktif dan religiusitas yang tinggi, menghargai tradisi dan nilai-nilai luhur budaya bangsa, saling menghormati dan menghargai sesama dan memiliki integritas moral dan menjadi landasan didalam melaksanakan aktifitas pemerintahan, pembagunan dan kemasyarakatan.

MISI

Dalam mewujudkan visi pembangunan daerah tersebut ditempuh melalui 6 (enam) misi pembangunan daerah sebagai berikut :

  1. MEMBANGUN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG SEHAT, CERDAS, PROFESIONAL DAN BERETIKA.

Pelaksanaan misi ini dilandasi oleh kesadaran bahwa keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia dan pembangunan yang berorientasi pada peningkatan sumber daya manusia.

Insan-insan yang sehat, cerdas, profesional dan beretika akan dapat diwujudkan jika masyarakat memperoleh pelayanan publik (public services) yang memadai di bidang kesehatan dan pendidikan secara mudah, murah, maju dan merata baik antar wilayah maupun antar kelompok pendapatan di masyarakat.

SDM masyarakat Tambrauw yang berkualitas dan berdaya saing juga harus disertai dengan SDM yang bermoral, beretika dan berbudaya luhur dengan cara memperkuat jati diri dan karakter bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mematuhi aturan hukum, memelihara kerukunan internal dan antar umat beragama, melaksanakan interaksi antar budaya, menerapkan adat istiadat dan budaya leluhur, dan memiliki kebanggaan sebagai masyarakat Tambrauw dalam rangka memantapkan landasan spiritual, moral, dan etika pembangunan bangsa.

  1. MEMBANGUN PONDASI KELEMBAGAAN DAN STRUKTUR EKONOMI DAERAH YANG MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT.

Pembangunan ekonomi tidak semata-mata ditujukan pada upaya mengejar pertumbuhan ekonomi, tetapi juga disertai dengan pemerataan pembangunan yang berkeadilan dengan meningkatkan pembangunan daerah, mengurangi kesenjangan sosial secara menyeluruh, keberpihakan kepada masyarakat, kelompok dan wilayah/daerah yang masih terisolir dan tertinggal, menanggulangi kemiskinan secara drastis, menyediakan akses yang sama bagi masyarakat terhadap berbagai pelayanan sosial serta sarana dan prasarana ekonomi, serta menghilangkan diskriminasi dalam berbagai aspek kehidupan.

Mengembangkan dan memperkuat perekonomian regional yang berdaya saing global dan berorientasi pada keunggulan komparatif, kompetitif dan kooperatif dengan berbasis pada segenap potensi yang ada di daerah, untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, pertumbuhan yang tinggi, dan pemerataan yang berkeadilan. Perkembangan ekonomi regional didukung oleh penyediaan infrastruktur yang  memadai, tenaga kerja yang berkualitas dan produktif, serta regulasi yang mendukung penciptaan iklim investasi yang kondusif.

  1. MEMBANGUN BIROKRASI PEMERINTAHAN DAERAH YANG EFISIEN DAN EFEKTIF DIBAWAH PANJI TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE).

Penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dilaksanakan dengan berpegang pada prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government), membangun sistem pemerintahan yang akuntabel, transparan, responsif, demokratis, dan partisipatif; kemitraan yang serasi dan harmonis antara eksekutif dan legislatif, penciptaan stabilitas politik dan penegakan hukum yang konsisten di semua bidang, menciptakan sistem pelayanan yang efisien, efektif dan terpadu sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih mudah (easier), lebih murah (cheaper), dan lebih cepat (faster), memperkuat peran masyarakat sipil; memperkuat kualitas desentralisasi dan otonomi daerah; menjamin pengembangan media dan kebebasan media dalam mengomunikasikan kepentingan masyarakat.

  1. MENGEMBANGKAN SARANA DAN PRASARANA INFRASTRUKTUR DAERAH DALAM KERANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK.

Misi ini merupakan fondasi utama daerah dalam pengembangan kebijakan percepatanpembangunan sarana dan prasarana infrastruktur untuk meningkatkan kualitas pelayanan dasar yang memadai, layak dan merata sehingga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dan memperkuat perkembangan perekonomian daerah. Sebagai Kabupaten yang masih relatif baru, Tambrauw harus bergegas mengejar ketertinggalannya dari daerah-daerah lain melalui upaya percepatan dan pemerataan pembangunan. Upaya tersebut sangat dipengaruhi terutama oleh ketersediaan infrastruktur dasar seperti transportasi, energi, dan komunikasi, maupun infrastruktur pelayanan publik terutama di sektor pendidikan dan kesehatan. Pemenuhan kebutuhan infrastruktur harus diletakkan dalam kerangka menjaga keseimbangan antara kepentingan ekonomi, ekologi, dan sosial budaya. Oleh karena itu, upaya percepatan pembangunan harus dilandaskan pada sistem perencanaan dan skema-skema kebijakan yang tidak hanya mampu mengantisipasi dilema persoalan spasial dan sektoral, melainkan juga mampu mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat dan mengantisipasi ancaman-ancaman degradasi lingkungan baik yang disebabkan oleh bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia

  1. MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DENGAN MEWUJUDKAN TAMBRAUW SEBAGAI KABUPATEN KONSERVASI

Misi ini merupakan koridor bagi terciptanya pembangunan berkelanjutan yaitu sistem pengelolaan pembangunan yang dapat menjaga keseimbangan antara pemanfaatan dan keberlanjutan keberadaan dan kegunaan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan hidup, dengan tetap menjaga fungsi, daya dukung dan kenyamanan dalam kehidupan di masa kini dan masa depan,Dengan wilayah yang luas, kekayaan sumber daya alam yang melimpah, keragaman budaya dan penghidupan masyarakat yang hidup didalamnya Tambrauw menjadi suatu wilayah yang menantang untuk dikelola dalam rangka mewujudkan manfaat pembangunan bagi masyarakat. Dengan status sebagai wilayah dengan 80%  hutan lindung dan hutan konservasi Pemerintah  Daerah terus berupaya untuk menemukan bentuk pengaturan pengelolaan sumber daya alam yang baik, berkelanjutan dan bermanfaat.

  1. MELINDUNGI SERTA MENJAGA HAK-HAK MASYARAKAT ADAT TAMBRAUW

Kabupaten Tambrauw yang terdiri dari berbagai etnis dan latar belakang budaya harus memelihara kebudayaan yang baik dan membangun. Sebagaimana dalam definisi kebudayaan terkandung makna kehidupan agama di dalamnya, maka masyarakat yang berbudaya haruslah mampu hidup berdampingan secara damai dengan kolompok masyarakat lain untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan sejahtera. Sehingga pembinaan iman dan pembangunan budaya dapat berjalan beriringan dengan kehidupan masyarakat yang dapat saling bertoleransi dan berdampingan secara damai.  Oleh karena itu cakupan pembangunan kebudayaan tidak hanya diarahkan pada aspk-aspek pelestarian budaya dan seni peninggalan semata, tetapi harus pula diarahkan pada pembangunan untuk peningkatan budaya kerja, budaya ramah tamah, budaya keimanan yang kuat kepada Tuhan, toleransi kehidupan beragama dan lain-lain.